This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 18 Desember 2016

Puisi Jalaludin Rumi - Karena Cinta

KARENA CINTA
By : Jalaluddin Rumi


Karena cinta duri menjadi mawar

Karena cinta cuka menjelma anggur segar
Karena cinta keuntungan menjadi mahkota penawar
Karena cinta kemalangan menjelma keberuntungan
Karena cinta rumah penjara tampak bagaikan kedai mawar
Karena cinta tompokan debu kelihatan seperti taman
Karena cinta api yang berkobar-kobar jadi cahaya yang menyenangkan
Karena cinta syaitan berubah menjadi bidadari
Karena cinta batu yang keras menjadi lembut bagaikan mentega
Karena cinta duka menjadi riang gembira
Karena cinta hantu berubah menjadi malaikat
Karena cinta singa tak menakutkan seperti tikus
Karena cinta sakit jadi sihat
Karena cinta amarah berubah menjadi keramah-ramahan



Carpon Sunda - Si Kabayan Jeung Profesor

SI KABAYAN JEUNG PROPESOR
Ku :  De Shandy


Di lembur Bojong Rangkong, kacaritakeun kadatangan hiji propesor ti Amerika nu keur ngayakeun panalungtikan. Éta Propesor téh nyatana jelema nu geus kaceluk ka jamparing angin-angin ka sakabéh nagri ngeunaan kapinteranana nu méh ampir sampurna. Pinter dina sagala widang élmu pangaweruh. Mun ceuk basa légégna mah, ‘eta Propesor téh minangka guruna sakabéh propesor nu aya di ieu dunya. Kituna téh, kapinteran éta propesor geus katara ku urang Bojong Rangkong sorangan nu minangka geus ngajawab kana kabéh pertanyaan nu kungsi ditanyakeun ku urang Bojong Rangkong sorangan, kalayan jawabanana nu nyugemakeun turta bener kabéh.
Tapi orokaya teu kabéh jelema nu aya di lembur Bojong Rangkong sorangan nu panuju kana kaunggulanana éta Propesor. Aya hiji lalaki nu ngarasa cangcaya kana kapinteranana éta Propesor. Taya lian éta lalaki téh ngaranna si Kabayan. Teu lila, kalayan aya niat rék ngetés tur ngadu pangaweruh jeung éta Propesor, nya Si Kabayan terus indit ngajorag éta Propesor  di tempat panalungtikanana.
Di hiji tempat, katara si Propesor nu keur anteng jeung bahan percobaanana. Kalayan keur digimbung ku jalma-jalma di sakurilingeunana nu sasatna ngarasa takjub kana kapinteran éta propesor.
“Sampurasun, tuan Propesor” Si Kabayan unjukkan ka éta Propesor.
“Iya, ada yang bisa saya bantu tuan?”  Tembal éta Propesor.
“Sumuhun tuan Propesor” Si Kabayan bari sok terus ngasrongkeun leungeunna, disusul ku leungeun Propesor. Maranéhna terus sasalaman.
“Ada apa tuan?” Tanya éta Propesor bari sok terus ngaleupaskeun leungeunna.
“Muhun, aya hiji pertanyaan nu rék ditanyakeun ka tuan Propesor”
“Oh begitu ya. Kalo boleh saya tahu, apa pertanyaanmu itu? Katakan saja, pasti saya akan menjawab semua pertanyaanmu itu?” Tembal si Propesor nu pinuh ku kayakinan kana kamampuanana. Kituna, éta Propesor téh nganggap ka si Kabayan ukur jalma kampung nu saeutik pangaweruhna. Tangtu pertanyaanana ogé nu moal sabaraha. Pasti manéhna bisa ngajawab kana éta pertanyaan si Kabayan, pikir éta Propesor.
“Percanten ka tuan Propesor mah,” Ceuk si Kabayan rada nyungkun.
“Ngan saméméhna kuring rék ménta dihampura ka tuan Propesor”
“Memangnya kenapa?” Tanya éta Propesor teu ngarti kana maksud nu diomongkeun ku si Kabayan.
“Sumuhun, saurna tuan Propesor téh jalma nu pangpinterna di ieu dunya. Sasatna mah jalma nu pinuh ku élmu pangaweruh, loba ku panalar, jeung sugih ku pangarti”
“Memang benar. Seluruh dunia sudah mengakui semua itu. Jika kamu masih ragu dengan kepintaranku itu, kamu bisa mengujinya sekarang.” Ceuk si Propesor rada légég.
“Nya ari kitu mah kuring ngiluan sakumaha kahayang tuan Propesor. Ngan saméméhna kuring boga paménta?”
“Apa permintaanmu itu?” Tanya si Propesor.
“Mun dimana-mana tuan Propesor teu bisa ngajawab kana pertanyaan kuring, tuan Propesor kudu ngayakeun duit nu lobana saratus rebu, minangka bayaran teu bisa ngajawab kana pertanyaan kuring”
“Oh tentu. Lagipula pasti saya akan bisa menjawab semua pertanyaanmu itu. Terus kalau kamu sendiri tidak bisa menjawab pertanyaanku, apa yang bisa kamu berikan kepadaku?”
“Kuring bakal mayar tuan Propesor sagede sapuluh rebu. Kumaha? Sarat nu adil lain? Minangka tuan Propesor mah jalma pinter, luhur kuta gede dunya, sigana teu sabaraha lin mikeun duit saratus rebu mah ka kuring nu sasatna jalma bodo, sangsara balangsak, jeung nu pasti mah lain Propesor siga anjeun” ceuk si kabayan rada meuli hate éta si Propesor.
Si propesor saheulanan mikir kana pananjak nu diajukeun ku Sikabayan. Tapi teu lila, si Propesor tuluy nyanggupan kana kahayangna si Kabayan. Si Kabayan katingali ukur mesem barang si Propesor satuju kana panajakna.
“Ari nu jadi pertanyaan kuring mah kieu tuan Propesor,” Ceuk si kabayan ngamimitian nanya.
“Bagaimana, ayo ceritakanlah’
“Jaman baheula, aya hiji Propesor nu rék ngayakeun panalungtikan di hiji pulo di tengah-tengah lautan. Tapi nasibna nu teu marengan. Di tengah-tengah perjalanan, éta parahu nu dipaké ku si Propesor karam keuna kanu batu karang nepi ka tibalikna. Tangtu wé éta Propesor sorangan ti teuleum di tengah-tengah lautan. Pondok carita, éta Propesor kasered-sered ku ombak nepi ka kaperengkeun aya di hiji pulo karang  nu aya di tengah-tengah laut nu satungtung deuleu. Teu katingali aya daratan hiji-hiji acan. Kitu deui tatangkalan euwueuh sarupaeun. Nu aya téh ukur batu-batu karang nu tareruas saampar pulo, euweuh pupurieunana.”
“Terus?” Tanya si Propesor bangun nu panasaran.
“Ari nu jadi pertanyaan kuring mah, kumaha carana éta Propesor sangkan bisa indit ti éta pulo karang?”
“Ah gampang atuh éta mah” Ceuk si Propesor bangun nu yakin kana pijawabeunana.
“Kumaha?” Tanya si Kabayan.
“Tingal telepon saja, minta dilacak dan dijemput ke pulo karang tersebut. Kan sudah ada HP”
“Hehe…” Si Propesor siga nu tuluy bingung ningali tingkah si Kabayan nu sok terus seuserian barang ngadéngé jawaban manéhna.
“Ah, tuan Propesor mah ngalucu waé. Kapan caritana ogé jaman baheula, dimana atuh geus usum HP, telepon kabel ogé can tangtu aya”
Katingali si Propesor nu terus uleng mikir. Rada lila ayeuna mah mikirna téh. Tapi kudu dikumahakeun deui, nya manéhna keukeuh teu manggih pijawabeunana. Nya ahirna éta Propesor nyerah ogé.
“Aku tidak bisa menjawab pertanyaanmu itu” Ceuk si Propesor nu bari terus ngaluarkeun duit sapuluh rébuan sapuluh siki tina jero loketna. Sok terus diasrongkeun ka Si kabayan. Ngan orokaya waé jalma-jalma nu aya disakurilingeunana jadi ngilu mikiran kana éta pertanyaan nu diajukeun ku si Kabayan. Tapi tetep wé lebeng, taya hiji ogé jalma nu bias ngajawabna.
Teu lila si Propesor malik nanya ka si Kabayan, “Nah sekarang giliranku yang bertanya kepadamu, bagaimana caranya si Propesor itu bisa pergi dari pulo karang tersebut?”
Si Kabayan sorangan ukur mesem barang ngadéngé pertanyaan si Propesor.
“Maksudmu…” Tanya si Propesor. Teu lila si Kabayan terus masrahkeun salambar duit sapuluh rebuan ka éta Propesor bari nu salapan lambar deui mah sok tuluy diasupkeun ku manéhna kana jero saku bajuna.
Bari pokna téh, “Tong boro kuring nu sasatna jalma bodo, dalah Propesor gé nu ngaku jalma pangpinterna di ieu dunya teu bisa ngajawabna” Ceuk si kabayan nu tuluy ngingkig balik ti éta tempat. Diiring ku olohokna jalma-jalma nu aya di éta tempat.





Puisi Khalil Gibran - Burung Pipit

BURUNG PIPIT
By : Khalil Gibran


Burung pipit kecilku
Hapuslah rasa curigamu padaku
Walau aku hanya menjadi persingahaan sesaat
Tak akan kutahan kau untuk diam ditempat

Terimakasihku untukmu burung pipit kecilku
Terbanglah bebas kemana kau akan pergi
Temukah teman yang akan menjadi kekasihmu
Kembalilah lagi ke tamanku suatu saat nanti

Aku akan mengobatimu kembali jika kau kembali tersakiti
Terbang dan lupakanlah aku jika kau menemukan cinta sejati
Biarkan aku disini untuk terus berharap dan menanti
Karena aku sangat menyayangi dan mencitaimu tulus murni
Dan tak akan terganti karena kau satu dihati.

Jum'at kelabu
Kunanti dan menunggu
Kepersiapkan hati ini tuk ungkap perasaan ini
Debar jantung ini bermain dan menari

Satu, dua, tiga iam waktu berlalu
Kau yang kudampa tak kunjung berlalu
Ditempat yang telah kita sepakati tuk berjumpa
Pikiranku semakin tak terduga

Akhirnya dari kejauhan kulihat dia
Dengan wajah hampa dia tiba
Mawar merah telah kupersiapkan untuknya
Dan kamipun berbincang bersama

Dan tiba masa untuk ungkap rasa
Dengan hati yang semahkin membahana
Kuungkapkan cinta ini kepadanya
Dengan berharap dia merasa

Dengan memandang wajahnya kuberharap
Tiba waktunya dia berucap
Dengan sabar mencerna makna
Ternya cintaku tak berbalas rasa

Oh tuhan hancur duniaku saat ini
Dengan tersenyum kuterima semua ini
Tapi aku bahagia aku telah mengeluarkan beban hati
Dan akan kucoba kembali untuk membuatnya memparcayai

Dan kuberkata padanya terima kasih untuk rasa ini
Walau cintaku tak berbalas aku telah merasai
Jatuh cinta padamu yang dengan tulus
Tapi aku akan berjuang kembali dan suatu saat nanti
Pasti kau percaya akan cinta yang tulus suci.




Puisi Jalaluddin Rumi - Pernyataan Cinta

PERNYATAAN CINTA
By : Jalaluddin Rumi


Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata,
Kusimpan kasih-Mu dalam dada.
Bila kucium harum mawar tanpa cinta-Mu,
Segera saja bagai duri bakarlah aku.
Meskipun aku diam tenang bagai ikan,
Tapi aku gelisah pula bagai ombak dalam lautan
Kau yang telah menutup rapat bibirku,
Tariklah misaiku ke dekat-Mu.
Apakah maksud-Mu?
Mana kutahu?
Aku hanya tahu bahwa aku siap dalam iringan ini selalu.
Kukunyah lagi mamahan kepedihan mengenangmu,
Bagai unta memahah biak makanannya,
Dan bagai unta yang geram mulutku berbusa.
Meskipun aku tinggal tersembunyi dan tidak bicara,
Di hadirat Kasih aku jelas dan nyata.
Aku bagai benih di bawah tanah,
Aku menanti tanda musim semi.
Hingga tanpa nafasku sendiri aku dapat bernafas wangi,

Dan tanpa kepalaku sendiri aku dapat membelai kepala lagi.

Puisi Khalil Gibran - Ibu

IBU
By : Khalil Gibran


Ibu merupakan kata tersejuk yang dilantunkan oleh bibir - bibir manusia.
Dan "Ibuku" merupakan sebutan terindah.
Kata yang semerbak cinta dan impian,
Manis dan syahdu yang memancar dari kedalaman jiwa.
Ibu adalah segalanya.
Ibu adalah penegas kita dilaka lara,
Impian kita dalam rengsa, Rujukan kita di kala nista.
Ibu adalah mata air cinta, kemuliaan, kebahagiaan dan toleransi.
Siapa pun yang kehilangan ibunya, ia akan kehilangan sehelai jiwa suci Yang senantiasa merestui dan memberkatinya.
Alam semesta selalu berbincang dalam bahasa ibu.
Matahari sebagai ibu bumi yang menyusuinya melalui panasnya.
Matahari tak akan pernah meninggalkan bumi sampai malam Merebahkannya dalam lentera ombak,
Syahdu tembang beburungan dan sesungaian.
Bumi adalah ibu pepohonan dan bebungaan.
Bumi menumbuhkan, menjaga dan membesarkannya.
Pepohonan dan bebungaan adalah ibu yang tulus,
Memelihara bebuahan dan bebijian.
Ibu adalah jiwa keabadian bagi semua wujud.

Penuh cinta dan kedamaian.

Artikel - Kritik Dan Demokrasi

KRITIK DAN DEMOKRASI
Oleh : De Shandy



Ada sebuah ungkapan, “jangan sekedar mengkritik, tapi berikan solusinya”. Mengingat suatu kritik menjadi momok yang sangat manakutkan. Sebuah ‘penghinaan’ yang acap kali mengganggu jaminan keamanan intelektualitas dan merusak martabat kehormatan sosial seseorang. Kritik menjadikan dirinya sebuah kekuatan untuk menjungkirbalikkan kemapanan, kebulatan, kepuasan dan mengguncang emosionalitas seseorang. Tak heran apabila kritik dianggap semacam serangan yang mesti diwaspadai eksistensinya.
Padahal, apabila dilihat dari asal katanya, kritik yang berasal dari bahasa Yunani kritikos yang berarti “yang membedakan”. Atau krites (bahasa Yunani Kuno) yang berarti “orang yang memberikan pendapat beralasan” atau “analisis, pertimbangan nilai, interpretasi atau pengamatan”. Artinya, kritik lebih merupakan sebuah analisa seseorang, sekumpulan orang, institusi, lembaga atau komunitas tertentu mengenai suatu objek.
Objek kajian kritik bersifat universal, hampir bisa masuk ke ranah kategori objek apapun, baik itu seni, sosial, agama, politik, dll. Namun, ada yang perlu digarisbawahi mengenai apapun yang menjadi objek kritik tersebut, bahwa kritik tidak pernah sekalipun masuk ke ranah kelemahan fisik. Kritik merupakan sebuah bentuk komentar terhadap suatu objek agar terjadi progres pada objek lainnya di masa mendatang. Sedangkan kelemahan fisik seseorang bukanlah objek yang bisa dirubah. Jadi, komentar terhadap kekurangan fisik seseorang bukanlah salah satu bentuk kritik melainkan sebuah ‘penghinaan’.
Apabila kita lihat kenyataannya di lapangan, masyarakat kita yang terbiasa mendengarkan komentar-komentar atau caci maki di lingkungan sekitarnya, mulai dari sekumpulan ibu-ibu yang membicarakan kekurangan tetangganya, presenter TV yang menjelek-jelekan saingannya, atau seorang ceramah seorang pemuka agama yang mengutuk agama lain atau bahkan mengutuk saudara seagamanya sendiri yang bermadzab lain misal. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat kita sering menyamaratakan komentar demi sebuah progresivitas (kritik) dengan komentar untuk menjatuhkan (penghinaan).
Kritik merupakan suatu analisa atau pendapat yang berupaya untuk membangun, meluruskan, dan membenarkan suatu objek agar objek tersebut menjadi lebih baik. Seperti yang terdapat dalam bahasa latin ceratio yang berarti ‘mewujudkan’. Dalam hal ini mengandung arti bahwa dalam usaha kritik ternyata ada semacam kreasi, yakni terobosan yang membangun, mewujudkan sesuatu yang baru. Kritik adalah sebuah amanat yang mesti ditunaikan oleh pelaku kritik, sekaligus janji yang semestinya dinantikan oleh objek kritikan. Sebab, disinilah kritik sesungguhnya menampakkan nilainya yang berkeadilan. Dimana kita yang dikritik ada diantara cemas dan puas, sebaliknya kita yang mengkritik pun ada diantara cemas dan puas. Karena, posisi kita sebagai objek kritikan sebenarnya sama dengan kita sebagai subjek.
Sebuah kritik menuntut suatu tanggung jawab, ketajaman, ketekunan, kesabaran, keberanian mempertahankan sikap dalam memihak atau mengambil sikap berbeda. Dimana ia harus mendekonstruksi skeptikanya sendiri secara terus menerus dan pro-aktif, atau membangun skeptikanya secara kokoh dan tak tergoyahkan lagi. Artinya, seorang kritikus disamping aktif sebagai ‘penghancur’ tapi juga harus produktif sebagai pencipta gagasan. Disinilah kritik akan menemukan dirinya yang berkeadilan.
Hal yang senada bisa kita temukan juga dalam bahasa Arab yaitu naqq atau naqqad yang berarti seorang tukang yang memeriksa kepingan-kepingan logam dinar dan dirham, mempelajari campuran emas dan peraknya, serta mengukur kadar dan beratnya. Dalam hal ini menggambarkan bagaimana eksistensi seorang kritikus yang tidak kurang dari profesionalitas naqqad ini. Yakni, kalau saja ia tidak waspada, tidak tegas, tidak jujur, maka si naqqad ini pun akan cepat gulung tikar.
Kehidupan sebuah kritik berbanding lurus dengan adanya wilayah publik (public spere). Wilayah publik adalah suatu wilayah dimana tempat masyarakat sebagai warga negara yang mempunyai akses yang seutuhnya terhadap semua kegiatan publik. Artinya, bahwa setiap warga negara mempunyai hak asasi manusia di dalam hidupnya untuk bebas menyampaikan pendapatnya, membuat suatu lembaga atau organisasi yang bertujuan untuk kepentingan umum. Namun ada yang perlu diingat bahwa yang menjadi taruhan di dalam wilayah publik itu bukanlah dari sebuah ‘kekuasaan’ tapi lebih ditekankan pada akal budi (reason). Begitu juga yang menjadi dasarnya, bukanlah suatu ‘kekuasaan’, tapi sebuah ‘kebenaran’. Rasionalitas yang tidak dijadikan sebagai alat dominasi, tapi lebih dijadikan sebagai alat tukar harian.
Dalam hal ini, bahwa untuk menumbuhkan tradisi kritik itu tidak bisa lepas dari tumbuhnya suatu wilayah publik yang bebas (dominasi). Sebaliknya, wilayah publik yang bebas itu bisa tumbuh dan berkembang dari adanya suatu kegiatan kritik sosial yang substantif. Atinya, di dalam kritik itu terdapat suatu “kesadaran” atau “rasionalitas”. Dan kesadaran itulah merupakan salah satu syarat dari suatu masyarakat yang demokratis. ***





Sabtu, 17 Desember 2016

Puisi Indonesia - Pelangi

PELANGI
Oleh : De Shandy


Cinta berkata:
            Mawar putih adalah kis kesucian dan kesetiaan
            Tanpa bentang panjang membatas;
                                                                    Kilau Kemilau

Mungkinkah aku seperti awan tanpa mendung
Atau sebening air di sungai tanpa keruh
Dan sangsi keheningannya?
Tapi kupikir hatiku tak sebaik yang kau mimpikan
Begitu pun aku tak sukadengan hal-hal yang berbau keheningan
Seperti warna putih yang senantiasa kau pikrkan tentang aku
Kupikirkan segala keindahan dengan rupa-rupa warna
Yang selalu berterbangan seperti warna pelangi
Ya, pelangi yang mempunyai sayap-sayap yang indah
Dimana impian bagi anak-anak selepas hujan
Penuh dengan nyanyian-nyanyian lagu-lagu merdu
Atau permainan-permainan anak-anak
Di tengah-tengah lapang desa
Sambil tangan-tangan dan kepalanya menengadah
Berharap keceriaan selalau menaungi mereka
Selebihnya, di sini di hadapan-Mu
Kurindukan sebuah pelangi membentang di matamu